Hikmah Sufi

0
Kemana Ruh Akan Kembali

Ketika roh dicabut, ia berada dalam satu dari dua kemungkinan. Roh orang yang beriman akan berbahagia. Para malaikat akan mengangkat dan membawanya menemui Tuhannya, bersama roh kaum beriman lainnya. Kemudian, Allah menanyai roh itu satu per satu, kemudian bertitah kepada para malaikat, “Bawalah roh-roh ini dan perlihatkan tempat tinggalnya di surga.” Lalu, para malaikat itu menerbangkan mereka ke surga selama mayatnya dimandikan. Setelah dimandikan dan dikafani, roh itu dikembalikan dan dimasukkan di antara kain kafan dan jasadnya. Ketika jenazahnya dibawa di atas keranda mayat, ia dapat mendengar pembicaraan manusia, baik yang membicarakan kebaikan maupun keburukan.

Rasulullah Saw bersabda, “Ketika jenazah dibawa di atas keranda, rohnya akan menggeliat. Lalu ia berkata, “Wahai keluargaku, wahai anakku. Janganlah diperdaya dunia seperti aku telah diperdayanya. Aku telah mengumpulkan harta dari sumber yang halal dan yang tidak halal. Kemudian aku meninggalkan semua harta itu, sementara dosanya tetap mengikutiku. Karena itu, waspadalah terhadap apa yang menimpaku.” (HR Ibn Abi Dunya dalam kitab Al-Qubur dan Ad-Dailami dalam Zuhrah Al-Firdaus)

Di kutib dari Manazil Al-Arwah karya Ibn Sulaiman al-Hanafi

Artikel atau posting terbaru blog ini selanjutnya dapat disimak di website kami Mistikus Cinta. Selamat berkunjung dan terima kasih atas perhatiannya.

https://www.google.com/contributor/welcome/?utm_source=publisher&utm_medium=banner&utm_campaign=ca-pub-2925047938169927
Visit Dukung Hikmah Sufi dengan menjadi Kontributor

Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment

 
Top